SELAMAT DATANG DI PORTAL LEMBAGA KANTOR BERITA KALIMANTAN (LKBK) - UNTUK INDONESIA KAMI ADA
Home » , , , » Sekda Ketapang H. Farhan Buka Pelatihan Khatib di Masjid Agung Al-Ikhlas

Sekda Ketapang H. Farhan Buka Pelatihan Khatib di Masjid Agung Al-Ikhlas

Written By lkbk on Sunday, March 31, 2019 | 4:26 PM

KETAPANG – Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan Khatib tahun 2019 yang dilaksanakan di Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang. Pelatihan Khatib tersebut dilaksanakan selama dua hari dibuka Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si baru baru ini.

Menurut Drs H. Gusti Indra Kesuma M.Si selaku Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Khatib Kabupaten Ketapang diterangkan, bahwa dilaksanakannya pelatihan Khatib salah satunya disebabkan karena tidak semua orang mampu menjadi petugas Khatib. Ini disebabkan karena kurangnya penguasaan terhadap keilmuan atau kecakapan dalam mencari materi khutbah. Dengan pelatihan ini diharapkan petugas Khatib benar-benar memahami dan menguasai keilmuan dalam melaksanakan tugas sebagai Khatib.

Pelatihan Khatib ini dimaksudkan untuk meningkatkan tali silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Ketapang dengan masyarakat khususnya pengurus masjid. Selain itu juga untuk menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan tugas sebagai Khatib yang baik sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadist.

“Kepedulian Pemerintah Kabupaten Ketapang tentang pentingnya pelatihan Khatib bagi umat Islam, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar umat beragama di Kabupaten Ketapang,” tegas Drs.H.Gusti Indra Kesuma M.Si, Kepala Bagian Kesra Setda Ketapang.

Ada pun narasumber pelatihan Khatib diantaranya dari Pemkab Ketapang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Ketapang, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al –Haudl Kabupaten Ketapang. Materi pelatihan diantaranya membahas tentang tuntunan khutbah Jum’at bagi para Khatib yang meliputi syari’at, rukun dan sunnah khutbah.

Sementara itu, H.Farhan SE, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang yang mewakili Bupati Ketapang menegaskan pelaksanaan pelatihan Khatib ini merupakan salah satu kepedulian Pemkab Ketapang dalam bidang keagamaan. Pemkab memandang kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk diadakan.  Karena selain merupakan tuntunan agama juga sudah menjadi tuntutan jamaah masjid akan Khatib yang profesional dan berklualitas.

Berkaitan dengan peran dan fungsi Khatib, maka bersama ini ia menyampaikan pentingnya Khatib dalam menyampaikan khutbah di masjid. Khatib tidak hanya bertindak sebagai juru dakwah. Tetapi lebih dari itu, diharapkan Khatib juga dapat bertindak sebagai pemersatu umat yang selalu dapat memberikan kesejukan di masyarakat.

“Semoga Kabupaten Ketapang khususnya dan Kalbar pada umumnya selalu dalam keadaan damai, aman, tentram dan sejahtera,” tegas Sekda Ketapang.

Dengan pelaksanaan pelatihan Khatib ini pula, Sekda mengharapkan kepada para peserta untuk dapat meningkatkan pemahaman dan menambah wawasan pengetahuan keagamaan. Khususnya memberikan pengetahuan kepada masyarakat serta membina kader-kader Islam yang mampu sebagai Khatib. Ia mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan umat beragama yang dilandasi semangat toleransi, saling menghormati dan menghargai dalam pengamalan ajaran agama dan saling bekerjasama dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kepada panitia pelaksana diucapkan terimakasih dan penghargaan atas segala upaya yang telah dilaksanakan sehingga kegiatan pelatihan ini dapat terselenggara,” tuntasnya.***(PK/LKBK65).

Gambar  : Dokumen Humas Sekda Ketapang untuk LKBK65
Editor  : Fahozi
_____________________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Share this post :

Post a Comment